Media sosial menjadi salah satu sarana bagi masyarakat modern untuk dapat berdiskusi dan mengemukakan pendapat. Pengguna media sosial Indonesia mencapai 170 juta penduduk pada tahun 2022 menurut hasil riset Wearsosial Hootsuite. Salah satu media sosial yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah Twitter, dengan 19,5 juta pengguna pada akhir 2021 menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pada ranah Twitter di Indonesia, penanganan dan vaksinasi COVID – 19 oleh Pemerintah Indonesia menjadi salah satu topik perbincangan yang ramai diperdebatkan. Penanganan pandemi menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan sentimen masyarakat tersebut digunakan metode klasifikasi Naïve Bayes dengan seleksi fitur GU Metric. Penelitian ini menggunakan data latih berjumlah 400, serta 100 data uji dengan perbandingan seimbang antara kelas positif dan negatif. Proses seleksi fitur diterapkan sebanyak 10 kali putaran, masing – masing sebesar 10% fitur dan meningkat hingga mencapai 100% fitur. Evaluasi kinerja yang diperoleh dengan confusion matrix pada klasifikasi sentimen mendapatkan hasil optimal pada penggunaan fitur sebesar 80%, dengan nilai F1 – score sebesar 0,87, accuracy sebesar 0,87, precision sebesar 0,84, dan recall sebesar 0,89 untuk kelas positif, serta F1 – score sebesar 0,87, accuracy sebesar 0,87, precision sebesar 0,9 dan recall sebesar 0,85 untuk kelas negatif.
Copyrights © 2023