Kondisi permukaaan jalan di Indonesia masih banyak mengalami kerusakan. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya untuk memperbaiki infrastruktur jalan, melajunya kendaraan dengan bobot berat dan jarangnya pemeliharaan rutin pada permukaan jalan akan mempercepat rusaknya kondisi permukaan jalan. Pembangunan jalan yang belum merata dan tidak inklusif bagi kursi roda dapat menghambat aktivitas pengguna kursi roda dan meningkatkan resiko kecelakaan bagi pengguna saat berjalan pada permukaan jalan yang rusak atau bahkan berlubang. Peneliti ingin memberikan solusi untuk permasalahan keamanan dan kenyamanan pengguna kursi roda saat melakukan mobilitas dengan membuat sebuah sistem yang dapat merubah kecepatan sesuai permukaan jalan dan menghindari lubang di jalan menggunakan metode MobileNetV3-Small. Hasil dari pengujian pada sistem mendapatkan klasifikasi seluruh kelas permukaan jalan dan lubang dari Region of Interest pada layar secara realtime dengan rata-rata akurasi 88.076%. Selain itu, hasil pengujian meraih Rata-rata Waktu Komputasi selama 0,96048 detik untuk melakukan klasifikasi objek. Hasil integrasi klasifikasi kelas dengan output motor juga sudah berfungsi dengan baik dan sesuai pada kelas hasil klasifikasi.
Copyrights © 2023