Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom pada mata pelajaran pemrograman dasar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang. Sampel yang digunakan adalah kelas X RPL 2 dan 3. Jumlah siswa kelas X RPL 2 yang terlibat adalah 34 siswa dan 30 siswa untuk kelas X RPL 3 sehingga jika dijumlah sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan metode weak experiment yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol yang tidak diberi treatment dan kelas eksperimen yang diberi treatment berupa penerapan model pembelajaran flipped classroom. Jenis penelitian yang digunakan ada dua yaitu: weak experiment (static group pretest-post-test design) untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif dan afektif serta weak experiment (static group comparison design) untuk mengukur hasil belajar ranah psikomotorik. Alat ukur yang digunakan terdiri dari pre-test dan post-test guna mengukur ranah kognitif, observation sheet digunakan untuk observasi yang mengukur ranah afektif, dan lembar kerja untuk mengukur ranah psikomotorik. Dalam penelitian ini akan dilakukan 3 uji yaitu, (1) uji normalitas; (2) uji homogenitas; (3) uji hipotesis perbedaan. Uji hipotesis perbedaan yang digunakan adalah Uji Mann Whitney U-Test dan Uji Wilcoxon. Dari uji hipotesis yang sudah dijalankan bisa ditarik kesimpulan bahwasanya hasil belajar dari hasil penelitian ini mendapatkan hasil bahwa model pembelajaran flipped classroom memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif (z(62)=3,012; p<0,01; d=0,398), ranah afektif z(62)=4,377; p<0,01; d=0,565), serta tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada ranah psikomotorik (z(62)=1,520; p>0,05).
Copyrights © 2023