Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 5 (2023): Mei 2023

Implementasi Sistem Pendukung Keputusan untuk Deteksi Kelayakan Kenaikan Jabatan Karyawan PT Venturo Pro Indonesia menggunakan Metode Analytic Hirarchy Process (AHP)

Nashihul Ibad Al Amin (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Bayu Rahayudi (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Nanang Yudi Setiawan (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

PT Venturo Pro Indonesia merupakan perusahaan outsourcing yang bergerak pada bidang jasa konsultan IT dan pengembangan software. PT Venturo biasanya melakukan penilaian karyawan setiap satu semester atau lebih tepatnya dilakukan pada bulan Juli dan Desember. Adapun penilaian dilakukan untuk mengetahui kemampuan setiap karyawan dan akan dijadikan bahan pertimbangan perusahaan untuk memutuskan apakah karyawan tersebut layak mendapatkan kenaikan jabatan. Dalam melakukan penilaian, perusahaan masih menggunakan cara manual dengan memberikan nilai setiap kriteria pada masing-masing karyawan tanpa adanya pembobotan setiap kriteria sehingga bisa menyebabkan adanya subjektifitas. Berdasarkan uraian di atas, peneliti memiliki ide untuk membuat sistem pendukung keputusan untuk membantu perusahaan dalam melakukan penilaian kinerja karyawan di PT Venturo Pro Indonesia menggunakan metode AHP. Metode AHP dinilai dapat memberikan keputusan yang baik untuk studi kasus dengan kriteria yang banyak. Dari hasil perhitungan dengan 12 data karyawan PT Venturo Pro Indonesia dengan metode pengujian spearman rank correlation menghasilkan koefisien korelasi sebanyak 0.958 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Dari hasil pengujian, menyimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan menggunakan metode AHP dapat digunakan sebagai pembantu perusahaan dalam mengambil keptusan kenaikan jabatan karyawan dan juga mempermudah proses serta memberikan hasil yang serupa seperti proses yang dilakukan secara manual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...