Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi

Evaluasi dan Perbaikan User Interface Aplikasi Perpustakaan Digital menggunakan Usability Testing dan Design Thinking (Studi Kasus : ePusda Kabupaten Karanganyar)

Muhammad Adi Wicaksono (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Retno Indah Rokhmawati (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Yusi Tyroni Mursityo (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2023

Abstract

EPusda Kabupaten Karanganyar adalah aplikasi perpustakaan digital yang diluncurkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DISARPUS) Kabupaten Karanganyar yang bertujuan untuk memudahkan akses perpustakaan bagi masyarakat terlebih mereka yang sulit datang ke perpustakaan daerah karena kendala jarak yang jauh. Metode yang digunakan dalam melakukan evaluasi dan perbaikan tampilan desain antarmuka pengguna adalah menggunakan usability testing dan juga design thinking. Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk menilai performa usability dari aplikasi dan untuk mendapat nilai awal yang akan menjadi nilai pembanding terhadap desain perbaikan nantinya. Perbaikan tampilan pengguna dilakukan untuk menciptakan desain yang baru yang sesuai dengan kebutuhan dan menjadi solusi dari permasalahan pengguna. Metode design thinking memiliki lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan evaluate, dimana kelima tahapan ini dilakukan untuk menciptakan desain solusi aplikasi ePusda Kabupaten Karanganyar. Sedangkan untuk usability testing yang dilakukan untuk mengevaluasi akan menghasilkan empat nilai sebagai pembanding antara desain awal dan perbaikan yaitu success task rate, time based efficiency, overall relative efficiency, dan satisfaction. Kesimpulan akhir yang didapatkan setelah dilakukannya evaluasi dan perbaikan antarmuka aplikasi adalah success task rate meningkat dari 78,8% menjadi 98,15, overall relative efficiency meningkat dari 76 menjadi 97, dan peningkatan satisfaction dari 65,4 atau bernilai huruf C menjadi 71,7 atau bernilai huruf B dan desain perbaikan dapat diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...