PENDIPA Journal of Science Education
Vol 7 No 2 (2023): June

Identifikasi Tren Media Pembelajaran IPA di SD/MI Pasca Pandemi

Donny Khoirul Azis (Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Maghfira Febriana (Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tren media pembelajaran IPA yang diterapkan di SD/MI pasca pandemic covid-19. Penelitian menggunakan desain survei mengenai karakteristik media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA di SD/MI pasca pandemi Covid-19. Metode pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada 46 SD/MI di wilayah Jawa Tengah. Hasil penelitian didapatkan data bahwa 63% sekolah menggunakan media pembelajaran offline, sedangkan 37% sekolah memakai media pembelajaran kombinasi antara offline dan online. Media offline yang digunakan meliputi papan tulis, komputer, video, presentasi power point, alat laboratorium, dan alat peraga lain. Media online yang digunakan bersamaan dengan media offline yaitu grup WhatsApp/Telegram dan meeting room (Zoom meeting/Google Meet). Perbedaan penerapan kurikulum di sekolah dan kualifikasi guru bersertifikat pendidik bukan menjadi faktor utama pemilihan penggunaan media online bagi peserta didik tingkat MI/SD. Ketersediaan perangkat bagi peserta didik mengikuti pembelajaran dengan media online menjadi alasan dalam menentukan jenis media pembelajaran IPA pasca pandemi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...