Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 4 No 5: Oktober 2023

COMMUNITY EMPOWERMENT DALAM MEWUJUDKAN DESA TANGGUH BENCANA (STUDY PADA DESA BAHARI MAKMUR KABUPATEN BUTON)

Risno Alami Tarman (Universitas Muhammadiyah Buton)
Anwar Sadat (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton)
L.M. Azhar Sa’ban (Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui community empowerment dalam mewujudkan desa tangguh bencana pada desa Bahari Makmur, Kabupaten Buton. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah semua pihak yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai latar belakang dan keadaan sebenarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian Community Empowerment Dalam mewujudkan Desa Tangguh Bencana (Study Pada Desa Bahari Makmur Kabupaten Buton). Masyarakat desa Bahari Makmur ingin desanya aman dari bencana yang bisa datang kapan saja, maka dari itu mereka mempersiapkan diri sebelum terjadi bencana dengan membentuk kelompok Keluarga Tangguh, desa Bahari Makmur melakukan pemberdayaan masyarakat sesuai tahapan pemberdayaan. Dalam sebuah forum tertentu, masyarakat desa Bahari Makmur secara bersama-sama mencari solusi untuk masalah atau kebutuhan yang paling penting untuk diselesaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...