Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 3 No 03 (2023): Vol. 3 No. 3 Edisi Agustus 2023

UPAYA MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KATOBENGKE

Wa Ode Rifati (a:1:{s:5:"id_ID"
s:31:"Universitas Muhammadiyah Buton "
})

Rifky Rifky (Universitas Muhammadiyah Buton)
Muhammad Yusnan (Universitas Muhammadiyah Buton)
Fatma Wati (Universitas Muhammadiyah Buton)
Indriani Indriani (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi siswa dalam menulis puisi melalui penerapan metode picture and picture pada siswa serta dapat mempermudah siswa dalam penulisan puisi degan diterapkannya metode pembelajaran picture and picture pada sisw kelas IV SD Negeri 1 Katobengke Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode picture and picture dengan model Kemmis Taggart.Penelitian ini merancang tindakan dalam dua siklus,dengan empat tahap setiap siklus dimana, masing-masing siklus mencapai 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: (1) observasi, (2) wawancara, (3) Dokumentasi, dan (4) Tes, peneliti menggunakan jenis pre tes (tes awal) dan post test (tes akhir) dalam pelaksanaan siklus penelitian disertai lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam keterampilan menulis puisi dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture siswa. Dimana pada siklus I nilai 65 keatas aada 14 atau 58,33% siswa yang tuntas, sementara untuk aktivitas siswa dan guru diperoleh 72. Pada silklus ke II semakin meningkat dimana siswa yang memeperoleh nilai diatas 65 ada 22 orang atau 91,67% siswa yang tuntas, serta aktivitas guru dan siswa mencapai nilai 91% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan teknik picture and picture dapat membuat siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar sehingga daapt meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis puisi. Kata Kunci: metode pembelajaran, picture and picture, menulis puisi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...