Latar belakang dari permasalahan penelitian pengembangan ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi jenis-jenis pekerjaan. Guru telah menggunakan metode pembelajaran berupa diskusi dan ceramah namun metode pembelajaran saja belum cukup untuk meningkatkan pemahaman siswa, perlu adanya sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran yang akan dikembangkan adalah media CAMAC (Card Match Circle). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media CAMAC (Card Match Circle), untuk mengetahui kevalidan media CAMAC (Card Match Circle) serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media CAMAC (Card Match Circle). Metode penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yakni Pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) akan tetapi peneliti hanya menggunakan tiga tahap yaitu hanya pada sampai tahap pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil validasi media pembelajaran dan analisis hasil angket respon peserta didik. Hasil akhir rata-rata dari validasi ahli media mendapatkan skor 85,41% dan ahli materi sama-sama mendapatkan skor sebesar 91,66% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari angket respon peserta didik sebesar 96% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulannya media Smart Book dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023