Jurnal Sehat Indonesia (JUSINDO)
Vol. 5 No. 02 (2023): Jurnal Sehat Indonesia (JUSINDO)

Dampak Latihan Senam Terhadap Kebugaran Daya Tahan Kardiorespirasi Pada Lanjut Usia Di Kabupaten Karangasem

I Gusti Agung Yuda Paradita Cahyana (Fakultas Kesehatan, Sains Dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura Badung, Indonesia)
I Made Yoga Parwata (Fakultas Kesehatan, Sains Dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura Badung, Indonesia)
Agung Wahyu Permadi (Fakultas Kesehatan, Sains Dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura Badung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Lanjut usia adalah proses alami pada individu berusia 60 tahun ke atas. Penuaan pada lansia mengakibatkan berbagai perubahan fisiologis yang harus dialami oleh mahluk hidup sehingga diperlukan upaya meningkatkan kebugaran dengan aktivitas fisik yaitu berolahraga. Olahraga yang cocok untuk lansia adalah senam, rutin berolahraga dapat memperlambat proses kemunduran dan dapat meningkatkan kebugaran daya tahan kardiorespirasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak latihan senam terhadap kebugaran daya tahan kardiorespirasi lansia. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bentuk pre eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design menggunakan Teknik concesutive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian pre-test nilai VO2 Max dengan rerata 8,74 dan post-test nilai VO2 Max dengan rerata 13,24 dengan selisih 4,5. Setelah dilakukan uji Normalitas mendapatkan hasil >0.05 yaitu jarak tempuh sebelum senam 0.867 dan setelah senam 0.453, hasil VO2 Max sebelum senam 0.435 dan setelah senam 0.753 sehingga ditarik kesimpulan semua variabel berdistribusi normal. Uji Homogenitas nilai sig jarak tempuh dan hasil VO2 Max >0.05 yaitu 0.552 dan 0.875 sehingga dapat disimpulkan bahwa jarak tempuh dan hasil VO2 Max berasal dari varians yang sama (homogen) antara jarak tempuh sebelum dan setelah senam. Uji t tes nilai sig (2-tailed) dari jarak tempuh dan VO2 Max <0,05 yaitu 0,000 disimpulkan bahwa latihan senam memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap jarak tempuh dan hasil VO2 Max. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya dampak latihan senam lansia terhadap kebugaran daya tahan kardiorespirasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Ruang lingkup dan fokus penelitian terkait bidang kajian dengan penekanan pada pendekatan, yang meliputi: Kesehatan Masyarakat, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hyperkes), Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan), Ilmu Gizi, Epidemiologi, Teknik Kesehatan Lingkungan, Promosi ...