ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. (2) Menganalisis nilai margin yang diterima oleh petani pada rantai pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif deskriptif. Populasi sebanyak 43 orang yang kemudian dengan metode sampel jenuh diperoleh sampel sebanyak 41 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul dan 1 orang pedagang besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan margin pemasaran.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pemasaran cengkeh oleh petani cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo dilakukan dengan cara pemasaran langsung kepada pedagang besar dan pemasaran tidak langsung melalui pedagang pengumpul. Pemasaran pada pedagang besar memperoleh harga yang tinggi namun adanya potongan kadar air yang membuat keuntungan pemasaran cengkeh petani kurang maksimal. (2) Marjin pemasaran yang diterima oleh petani dengan pemasaran langsung sebesar 30,14% namun karena adanya potongan kadar air 6% maka petani mengalami penurunan margin pemasaran sebesar 24,29%. Sementara untuk margin pemasaran secara tidak langsung sebesar 23,93% yang artinya selisih margin pemasaran sebesar 0,36% yang terhitung sangatlah kecil nilai perbedaannya. Kata Kunci: Rantai Pemasaran, Margin Pemasaran, Komoditi Cengkeh
Copyrights © 2023