Jurnal Bina Manajemen
Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Bina Manajemen Volume 12 Nomor 1 September Tahun 2023

ANALISI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI PROGRAM NGICIP TVKU DALAM MEMPROMOSIKAN UMKM DI KOTA SEMARANG PADA PERKUMPULAN RANGKUL

Rassya Firliyanza Vikry (Universitas Dian Nuswantoro)
Rahmawati Zulfiningrum (Universitas Dian Nuswantoro Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran menjadi salah satu aspek yang dibutuhkan oleh Perkumpulan Rangkul dalam mempromosikan anggota UMKM yang tergabung di dalamnya, diikuti dengan perkembangan teknologi informasi dan digital menjadikan program Ngicip TVKU menjadi media promosi yang saling menguntungkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi strategi komunikasi pemasaran Perkumpulan Rangkul dalam mempromosikan UMKM di Kota Semarang melalui Program Ngicip TVKU. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan deskriptif dan paradigma induksi analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara langsung dengan anggota Perkumpulan Rangkul, Kepala Hubungan Masyarakat UMKM Rangkul Semarang, kepala produksi dan staff hubungan masyarakat dan marketing TVKU serta analis kebijakan madya Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Rangkul menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif melalui penggunaan media massa Program Ngicip TVKU serta media sosial dalam mempromosikan produknya walaupun dampak dari Program Ngicip TVKU tidak sebesar media sosial lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ilmu Manajemen secara umum (telaah proses bisnis, studi kasus mengenai penerapan ilmu manajemen dalam dunia usaha). Topik mengenai manajemen pemasaran / marketing management. (kajian mengenai ilmu pemasaran, penelitian mengenai perilaku konsumen, strategi pemasaran, studi kasus pemasaran, telaah ...