Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 2 (2023): Juli 2023

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI

Ayu Aprilia Pangestu Putri (Mulawarman University)
Halida Halida (Universitas Tanjungpura)
Budi Rahardjo (Universitas Mulawarman)
Chandra Fauzi (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Penerapan model pembelajaran dalam kegiatan pendidikan di Taman Kanak-kanak dianggap mampu membantu anak menjadi pribadi yang aktif dalam mengoptimalkan pengetahuan, keterampilan, kemandirian serta rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning terhadap kemampuan mengenal geometri anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak. Pre-eksperimental desain one group pretest-postest digunakan dengan subjek penelitan sebanyak 38 anak yang dipilih secara acak dalam penelitian ini. Hasil menunjukan bahwa model ini memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri yang merupakan salah satu pondasi anak mengenal matematika melalui kegiatan menyebutkan, mengidentifikasi, menggambar, memasangkan. dan menandai bentuk geometri seperti lingkaran, segitiga, persegi dan persegi panjang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...