Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 10th University Research Colloquium 2019: Bidang Sosial Ekonomi dan Psikologi

Analisis Wacana Bahasa Iklan melalui SMS (Short Message Servise)

Risma Nur'aini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Hani'atul Hasanah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rusmida Taput (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Waljinah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Kata baku menjadi salah satu materi esensial dalam pembelajaranbahasa Indonesia untuk menuju penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar. Salah satu wujud penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar adalah penerapan kata baku pada ragambahasa resmi. Kenyatannya, penerapan bentuk kata baku masihmasih menjadi kesulitan para masyarakat dalam menggunakanbahasa melalui SMS. Masalah yang diangkat dalam penelitian iniyaitu penggunaan bahasa tidak baku melalui SMS dan solusi dalamcara mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penulisan artikel iniuntuk menanggulangi kesalahan pada penggunaan bahasa tidakbaku yang digunakan masyarakat dalam berkomunikasi melalui SMS.Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalahmetode penelitian kualitatif. Metode ini dilakukan pada kondisialamiah dan bersifat penemuan. Sumber data dalam penelitian inidiperoleh beberapa jenis iklan pada SMS yang berbeda-beda. Hasildan pembahasan penelitian iniyaitu kaidah bahasa yang harusdiperhatikan oleh para pemakai mencakupi lima aspek, yaitu (1) tatabunyi (fonologi), (2) tata bahasa (kata dan kalimat), (3) kosa kata(termasuk istilah), (4) ejaan, dan (5) makna.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...