Kata baku menjadi salah satu materi esensial dalam pembelajaranbahasa Indonesia untuk menuju penggunaan bahasa Indonesia yangbaik dan benar. Salah satu wujud penggunaan bahasa Indonesiayang baik dan benar adalah penerapan kata baku pada ragambahasa resmi. Kenyatannya, penerapan bentuk kata baku masihmasih menjadi kesulitan para masyarakat dalam menggunakanbahasa melalui SMS. Masalah yang diangkat dalam penelitian iniyaitu penggunaan bahasa tidak baku melalui SMS dan solusi dalamcara mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penulisan artikel iniuntuk menanggulangi kesalahan pada penggunaan bahasa tidakbaku yang digunakan masyarakat dalam berkomunikasi melalui SMS.Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalahmetode penelitian kualitatif. Metode ini dilakukan pada kondisialamiah dan bersifat penemuan. Sumber data dalam penelitian inidiperoleh beberapa jenis iklan pada SMS yang berbeda-beda. Hasildan pembahasan penelitian iniyaitu kaidah bahasa yang harusdiperhatikan oleh para pemakai mencakupi lima aspek, yaitu (1) tatabunyi (fonologi), (2) tata bahasa (kata dan kalimat), (3) kosa kata(termasuk istilah), (4) ejaan, dan (5) makna.
Copyrights © 2019