Latar Belakang : Pandemi Covid-19 memberikan dampak diberbagai sektor termasuk berdampak pada sektor pendidikan, adanya aturan proses belajar dari rumah secara tidak langsung memberikan dampak psikologis bagi orangtua yang mendampingi proses belajar anak sekolah dasar. Kondisi ini dapat memberikan dampak pada perubahan psikologis orangtua seperti cemas,stres,depresi.Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui bagaimana kondisi psikologis orangtua selama mendampingi proses belajar anak sekolah dasar pada masa covid- 19 di wilayah kelurahan desa karang pucung.Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptik analitik dengan jumlah sampel 154 responden, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling dengan menggunakan pendekatan cross-sectional, instrumen yang digunakan untuk mengukur perubahan psikologis mendampingi pembelajaran online dalam penelitian ini dengan instrumen DASS (42) dengan hasil uji validitas r hitung (0,300-0,360) > r tabel (0,294) dinyatakan valid dan reliabel dengan hasil (
Copyrights © 2021