Setiap manusia membutuhkan pendidikan agar cerdas dan berakhlak mulia terutama tingkat pendidikan Madrasah Aliyah. Perbaikan pengajaran terus dilakukan, kemudian supervisi akademik diarahkan untuk mengembangkan sumber daya manusia atau kinerja guru PAI. Maka dari itu perlu diadakan supervisi akademik pengawas di MAN 2 Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1)mengetahui implementasi supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang, dan 2)mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam supervisi akademik pengawas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah pengawas madrasah, kepala madrasah, dan guru PAI MAN 2 Magelang. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa: 1)Implementasi supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang sudah berjalan sebagaimana mestinya dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Supervisi akademik pengawas perlu dilakukan dengan adanya kegiatan kepengawasan guru menjadi terkontrol karena ada yang menilai, sehingga kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang meningkat, 2)Faktor pendukung implementasi supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MAN 2 Magelang yaitu komunikasi yang sudah terjalin baik, peserta didik mudah dikondisikan dan media pembelajaran yang tersedia. Faktor penghambatnya yaitu belum maksimalnya daya dukung sarana dan prasarana sekolah, kurangnya kerja sama di lingkungan sekitar sekolah.
Copyrights © 2022