Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 6 No. 2 (2023):, Juli 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 PURWAWINANGUN

Tiara Indah (Universitas Kuningan)
Marlina Eliyanti Simbolon (Universitas Kuningan)
Gilang Kripsiyadi Praramdana (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dan variabel terikatnya adalah siswa kelas V SDN 2 Purwawinangun tahun ajaran 2022/2023. Dengan jumlah keseluruhan 50 siswa, yang terdiri dari 26 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 24 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning dan tidak menggunakan model pembelajaran project based learing. Hal tersebut ditandai dengan hasil uji t yang menunjukan diterima karena > . Sedangkan hasil uji n-gain menunjukan bahwa kelas eksperimen memiliki kategori sedang dan kelas kontrol memiliki kategori rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...