Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bersifat kuantitatif yaitu kelas eksperimen digunakan model Quantum Learning sedangkan dikelas kontrol digunakan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII, sampel penelitian kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa dikelas eksperimen dengan melakukan pretest diperoleh rata-rata hasil belajar 62,24 dan postest diperoleh rata-rata hasil belajar 83,79. Sedangkan dikelas kontrol pada pretest diperoleh rata-rata hasil belajar 64,33 dan postest diperoleh rata-rata hasil belajar 74,17 yang artinya model Quantum Learning lebih berpengaruh pada hasil belajar dibanding dengan model konvensional. Kesimpulan penelitian berdasarkan perhitungan uji hipotesis diketahui thitung= 2,994 lebih besar dari ttabel= 1,672 dengan signifikan 5%. Karna thitung ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya “ada pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswaâ€. Saran peneliti, diharapkan kepada setiap guru mata pelajaran Biologi supaya menerapkan model pembelajaran Quantum Learning demi meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa, dan dapat memperbaiki cara belajar mengajar serta menjadi bahan referensi kepada peneliti lanjutan yang relefan dengan penelitian ini
Copyrights © 2023