Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos
Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PENJUALAN TIKET MASKAPAI SUSI AIR

Nanda Mai Azila (Universitas Pasir Pengaraian)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan nilai pelanggan secara simultan terhadap kinerja pemasaran penjualan tiket Maskapai Susi Airbaik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumenMaskapai Susi Air. Sampel penelitian menggunakan t non probability sampling dengan jenisquota sampling sebanyak 30 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini orientasi pasar (X1),nilai pelanggan (X2) d, variabel terikat (Y) kinerja pemasaran. Metode pengumpulan datamenggunakan metode observasi, metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis datamenggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS diperoleh persamaanregresi yaitu Y = 0.454 + 0.206 X1 + 1.386 X2. Dari hasil uji secara parsial diperoleh nilaithitungorientasi pasar sebesar 1,320, thitungdan nilai pelanggan sebesar 4,819. Kesimpulan daripenelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial hanya variabel nilai pelanggan yangmemiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran sedangkan pada pengujian secarasimultan orientasi pasar dan nilai pelanggan secara simultan mempunyai pengaruh yangsignifikan terhadap variabel kinerja pemasaran. Besarnya pengaruh yang ditunjukkan yaitu52,5%, Sedangkan sisanya adalah 47,5% kinerja pemasaran dijelaskan oleh variabel-variabellain yang tidak di teliti dalam penelitian ini atau sebab-sebab yang lain diluar model.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cano

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos is one of the scientific publication journals published by the Faculty of Economics, Pasir Pengaraian University. The aim of the Cano Ekonomos Journal (Journal Of Management And Economics) is to establish effective communication channels between stakeholders including ...