JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 10 (2023): JURNAL ECONOMINA, Oktober 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATAKULIAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI STIE “KBP” PADANG

Sonya Futri Ramafina (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang)
Tri Monarita Johan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "KBP" Padang)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan untuk memperbaiki kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan-kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan untuk perannya di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Di STIE “KBP” Padang. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian dan pengembangan itu sendiri dilakukan berdasarkan suatu model pengembangan berbasis industri, yang temuan-temuannya di pakai untuk mendesain produk dan prosedur, yang kemudian secara sistematis dilakukan uji lapangan, dievaluasi, disempurnakan untuk memenuhi kriteria keefektifan, kualitas, dan standar tertentu. Berdasarkan uraian di atas dapat dikatakan bahwa penelitian dan pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan produk atau menyempurnakan produk yang telah ada sebelumnya. Produk yang sudah dikembangkan tersebut yang dapat dipertanggungjawabkan. Pengembangan bahan ajar berbasis dengan menggunakan progam Macromedia Flash Proffesional 8 yang disertai desain pengembangan Borg and Gall. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Di STIE “KBP” Padang terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep pada mahasiswa Tingkat II. Ini dapat dilihat dari hasil pemahaman mahasiswa rata-rata pre-test kelompok kontrol 62,31 dan kelompok eksperimen 69,81. Dari beberapa ahli validasi, berarti media pembelajaran ini tidak perlu direvisi. Tetapi, perangkat pembelajaran ini akan tetap diperbaiki berdasarkan saran dan komentar dari masing-masing subyek validasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...