Curtina
Vol 4 No 1 (2023)

RANCANG BANGUN PEMBERIAN PAKAN OTOMATIS DAN PENGATURAN SUHU UNTUK OPTIMASI PROSES TERNAK AYAM MENGGUNAKAN ARDUINO BERBASIS IOT (Internet of Things)

Nanan Darsani (Universitas PGRI Ronggolawe)
Dwi Kurnia Basuki (Universitas PGRI Ronggolawe)
Fitroh Amaluddin (Universitas PGRI Ronggolawe)
Aris Wijayanti (Universitas PGRI Ronggolawe)
Ainur Rochmah (Universitas PGRI Ronggolawe)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Pada penelitian ini dirancang sebuah alat yaitu alat pemberi pakan dan pengatur suhu otomatis untuk ayam pedaging berbasis IoT (Internet of Thing) pada kandang tertutup. Iot pada penelitian ini menggunakan Software ThingSpeak. Dalam penelitian ini dirancang motor servo yang akan bergerak buka tutup untuk memberikan pakan (secara otomatis) sebanyak dua kali dalam sehari. Aktuator suhu pada alat ini berupa lilin dan kipas/AC. Komponen utama sebagai perintah input Iot dan sebagai pemicu program adalah pushbutton Send Comment. Sedangkan output adalah relay sebagai pemicu kerja lampu dan kipas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat ini mampu bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

curtina

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Curtina adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika, yang terbit setahun dua kali pada bulan Desember dan Juli. Curtina memiliki bidang penelitian ilmu Komputer atau Informatika, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Decision Support System, Data Mining, Interfacing ...