Mediagro
Vol 19, No 2 (2023): MEDIAGRO

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BANDENG PRESTO DI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS

Lulua Ulyn Nimah (UNIVERSITAS WAHID HASYIM)
Lutfi Aris Sasongko (UNIVERSITAS WAHID HASYIM)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Mempertahankan dan mengembangkan usaha sering dianggap lebih sulit dibandingkan membangun atau mendirikan usaha. Penelitian ini tujuannya ialah guna mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal serta perencanaan strategi alternatif pengembangan usaha bandeng presto di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Metode dasar yang dipergunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Pengambilan responden dilakukan dengan metode accidental sampling. Jumlah responden sebanyak 38 orang terdiri dari 15 pengusaha, 16 konsumen, 5 pemasok bahan baku, dan 2 distributor. Metode analisis memakai matriks faktor strategi internal (IFAS), matriks faktor strategi eksternal (EFAS) dan analisis SWOT. Total nilai matriks IFAS yaitu 2,64 dan total nilai matriks EFAS yaitu 2,71. Berdasarkan pemetaan matriks IE diketahui bahwa posisi usaha bandeng presto di Kecamatan Jekulo berada pada daerah sel V, yang artinya pada tahap mempertahankan dan pelihara. Strategi alternatif yang bisa digunakan adalah menjaga kelestarian bahan baku utama, mempertahankan kerja sama yang baik antara pengusaha dan pemasok untuk meminimalkan kelangkaan pada bahan baku, menjamin kualitas bahan baku yang baik dan memperluas jangkauan pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Mediagro

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

The Journal Publishes in both print and online version. MEDIAGRO JOURNAL research paper in the field of Agribusiness, Agricultural Technology, Food Technology and general agricultural ...