Tujuan penelitian ini untuk meneliti analisis kepuasan wali murid ditinjau dari kualitas pelayanan, keandalan dan daya tanggap guru. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah wali murid PAUD Hidayatul Mubtadi-Ien Purwokerto sebanyak 31 responden dengan metode penelitian accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wali murid dengan nilai thitung sebesar 1,751 > nilai ttabel 1,703, keandalan berpengaruh terhadap kepuasan wali murid dengan nilai thitung sebesar 2,630 > nilai ttabel 1,703, daya tanggap berpengaruh terhadap kepuasan wali murid dengan nilai thitung sebesar 3,108 > nilai ttabel 1,703, sedangkan secara simultan kualitas pelayanan, keandalan dan daya tanggap guru berpengaruh terhadap kepuasan wali murid dengan nilai Fhitung sebesar 7,422 > Ftabel sebesar 2,95. Koefisien determinasi dengan Adjusted R Square sebesar 0,391 yang menujukan bahwa 39,1%, kepuasan wali murid dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, keandalan dan daya tanggap guru sedangkan sisanya sebesar 60,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2023