THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 4 No 1 (2023): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERHADAP MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Tasya Aulia Faisal (Mahasiswa pendidikan matematika, fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, UINSU)
Nur Elisah Nasution (Mahasiswa Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Uinsu)
Rindi Fatmawati (Mahasiswa pendidikan matematika, fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, UINSU)
Fatimah Zahra (Mahasiswa pendidikan matematika, fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan, UINSU)
Siti Salamah Br Ginting (Dosen pendidikan matematika universitas Islam negeri sumatera utara)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui dimana letak kesulitan seorang murid dalam mengerjakan soal latihan theorema pytagoras, penelitian ini dilakukan tujuannya agar mendeskripsikan sulitnya pengalaman murid dalam pengerjaan latihan pada materi theorema pytagoras yang dengan begitu pendidik akan mengevaluasi cara pengajarannya dengan menekankan pada kesulitan yang biasa terjadi pada siswanya. Penelitian ini memakai metode teliti kualitatif deskriptif. Penelitian ini ialah pada murid kelas 8 UPT SMP Negeri 35 Medan yaitu sebanyak 24 orang siswa. Data yang didapat dianalisis dengan metode mengumpulkan pendataan dan analisis, reduksi pendataan, sajian data, secara sistematis serta pengambilan simpulannya terhadap temuan telitian. Penginstrumenan teliti memakai yakni uji latihan soal, wawancara serta dokumentasi jawaban. Nilai temuan telitian menyimpulkan mengenai sulitnya yang dialami murid pada materi teorema phytagoras yakni sulit pada menganalisis pengkosepan matematika dan memahaminya. Melalui penelitian ini, kami menyarankan agar siswa dapat sering melatih dalam mengerjakan pertanyaan latihan berbentuk soal cerita dan guru juga menekankan pembelajaran dibagian kesulitan yang dialami serta motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...