Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui dimana letak kesulitan seorang murid dalam mengerjakan soal latihan theorema pytagoras, penelitian ini dilakukan tujuannya agar mendeskripsikan sulitnya pengalaman murid dalam pengerjaan latihan pada materi theorema pytagoras yang dengan begitu pendidik akan mengevaluasi cara pengajarannya dengan menekankan pada kesulitan yang biasa terjadi pada siswanya. Penelitian ini memakai metode teliti kualitatif deskriptif. Penelitian ini ialah pada murid kelas 8 UPT SMP Negeri 35 Medan yaitu sebanyak 24 orang siswa. Data yang didapat dianalisis dengan metode mengumpulkan pendataan dan analisis, reduksi pendataan, sajian data, secara sistematis serta pengambilan simpulannya terhadap temuan telitian. Penginstrumenan teliti memakai yakni uji latihan soal, wawancara serta dokumentasi jawaban. Nilai temuan telitian menyimpulkan mengenai sulitnya yang dialami murid pada materi teorema phytagoras yakni sulit pada menganalisis pengkosepan matematika dan memahaminya. Melalui penelitian ini, kami menyarankan agar siswa dapat sering melatih dalam mengerjakan pertanyaan latihan berbentuk soal cerita dan guru juga menekankan pembelajaran dibagian kesulitan yang dialami serta motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam belajar.
Copyrights © 2023