Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis (JAMAN)
Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus: Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis

FAKTOR DETERMINAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA KARAWACI

Wardoyo (Universitas Gunadarma)
Efin Rohani (Universitas Gunadarma)
Mella Sri Kencanawati (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Tujuan riset ini adalah menganalisis pengaruh harga, promosi, ulasan produk, dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian. Data yang digunakan dalam riset ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online dengan memakai google form yang yang dilaksanakan pada 1- 15 Agustus 2022. Jumlah responden 359 orang dengan menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam riset ini harga, promosi, ulasan produk, serta gratis ongkos kirim, serta keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SMARTPLS 3. 0. Hasil riset menunjukkan variabel harga serta promosi mempengaruhi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia, sebaliknya ulasan produk serta gratis ongkos kirim tidak mempengaruhi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAMAN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis yang bersifat peer-review dan terbuka. ...