Jurnal Ekonomika Manajemen Dan Bisnis
Vol. 2 No. 2 (2023): Juli - Desember

Pengaruh Trend Fashion Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Di Toko Dazzle Outfit Palembang

Tirsyah , Hutari (Unknown)
., Hilda (Unknown)
Zahrani, Syamsiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh trend fashion dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian busana muslimah di toko dazzle outfit Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan turun langsung ke lapangan untuk menggali permasalahan yang akan diteliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data Kuantitatif adalah data yang diperoleh dalam bentuk angka yang dapat dihitung. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan Pembelian merupakan suatu perilaku yang mengacu pada perilaku pembelian akhir dari konsumen atau sebuah kerangka tindakan yang menjelaskan proses pemilihan alternatif berupa upaya memilih produk atau jasa yang akan dibeli yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Trend merupakan suatu gerakan yang cenderung naik turun dalam jangka waktu tertentu sedangkan Fashion merupakan konsep yang berkaitan dengan gaya yang disukai, kepribadian seseorang dan jalan waktu. Dapat disimpulkan bahwa Trend Fashion merupakan suatu mode pakaian ataupun perhiasan yang populer dalam jangka waktu tertentu dan Perilaku Konsumen merupakan perilaku yang ditunjukkan konsumen dalam pencarian akan pembelian, pengevaluasian, dan penggantian produk barang dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Trend Fashion dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah di Toko Dazzle Outfit Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Toko Dazzle Outfit Palembang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya 36 responden berdasarkan metode skala likert atau kuisioner. Penelitian ini menggunakan jenis data primer serta skunder dengan sumber data berasal dari eksternal dan internal. Dengan menggunakan metode penelitian melalui pendekatan kuantitatif deskriptif menunjukkan hasil bahwa variabel Trend Fashion berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Perilaku Konsumen juga berpengaruh positif signifikan dalam Keputusan Pembelian. Penelitian ini merekomendasikan hendaknya agar menambahkan serta mengembangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk melakukan keputusan pembelian yang lebih mendalam dan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB) (E-ISSN : 2962-9322) diterbitkan oleh CV.ITTC INDONESIA. JEMB menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. JEMB adalah jurnal daring yang didedikasikan untuk publikasi penelitian ...