ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): ELIPS, September 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MATH ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 5 SINANGGUL

Ana Visia Eka Putri (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Nina Sofiana (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

Kemampuan numerasi sangat diperlukan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar masih tergolong rendah, untuk itu diperlukan adanya media yang menarik guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, menguji kelayakan, serta menguji efektivitas media pembelajaran video Math Animaker. Metode penelitian ini yaitu Reseach and Development (R&D) menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall dengan 7 dari 10 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video Math Animaker mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Hal tersebut diketahui melalui perolehan persentase kelayakan dari ahli materi 76%, ahli media 94%, respon guru 86% dan respon siswa 96%. Analisis keefektifan media video Math Animaker dilakukan melalui uji hipotesis berupa uji T-tes (Paired Sample T-test), hasil output diketahui Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan numerasi sebelum dan sesudah menggunakan media video Math Animaker. Sedangkan hasil uji N-gain memperoleh nilai 0,65 dengan kategori sedang serta tafsiran cukup efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...