ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Numbered Head Together efektif ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA dan VIIB. kelas VIIB sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas VIIA Sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvesional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini seacara deskriptif nilai rata-rata minat beajar setelah perlakuan kelas eksperiment dan kelas kontrol dengan nilai berturut-turut 28,21 dan 17,30. Sedangkan berdasarkan analisis inferensial menjelaskan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dengan nilai pada uji normalitas dikedua kelas 0,200 > 0,05 dan nilai pada uji homogen sebesar 0,290 > 0,05. Data minat belajar selanjutnya di uji dengan independent sample test. Hasil uji independent sample test minat belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together menunjukan nilai sig. 0,003 < 0,05. Dan hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together efektif ditinaju dari minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batauga.
Copyrights © 2023