Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia
Vol 11, No 5 (2023): October 2023

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Larutan Asam Basa

Sholahuddin Sholahuddin (Muhammadiyah University)
Raudhatul Fadhilah (Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jalan Ahmad Yani No. 111, Pontianak)
Dedeh Kurniasih (Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jalan Ahmad Yani No. 111, Pontianak)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Pemahaman konsep siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Pembelajaran cenderung menerapkan model konvensional yang membuat siswa kurang memahami konsep, sehingga diperlukan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan dan Efektivitas Pemahaman konsep siswa pada materi Larutan Asam Basa kelas XI IPA dan XI IPS 1 MAN 3 Pontianak antara model pembelajaran PjBL dengan model Pembelajaran Konvensional. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Quasy Eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran, observasi dan wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tesĀ  hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda dengan tipe (two tier multiple choice), lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil uji statistik menggunakan uji U Mann Whitney dengan Asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep yang dilihat dari hasil belajar siswa antra yang diajarkan menggunakan model PjBL dengan model pembelajaran konvensional. Model PjBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai Effect Size sebesar 2,78 dengan persentase efektivitas sebesar 49,73%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hydrogen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Hydrogen: The Chemistry Education Journal published by the Chemistry Education Study Program which contains articles raised from the results of conceptual research and studies in chemistry and chemistry education including education and learning, device development, media and learning ...