Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mampu mengetahui materi dalam kitab jurumiyah yang diajarkan pada pemula di pondok pesantren Tarbiyatul Huda; 2) Mampu mengetahui kesesuaian materi dalam kitab jurumiyah bagi pemula di pondok pesantren Tarbiyatul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian observasional melalui wawancara tentang penelitian deskriptif, sumber data primer berasal dari guru atau pengajar di pondok pesantren Tarbiyatul Huda. Dan penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam memperoleh data yaitu dengan observasi langsung dan wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pemadatan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Maka hasil penelitian ini menunjukkan: Bahwa materi dalam kitab jurumiyah ini terdiri dari beberapa bab yaitu: dua puluh enam bab, diantaranya: bab Kalam, bab i'rab, bab ma'rifatu 'alamatil I'rab, bab fashlun , af' bab al, bab marfu'atil asma, bab fa'il, dan seterusnya. Namun dari beberapa bab tersebut, ada tiga bab yang lebih fokus disampaikan kepada para pemula, yaitu: Bab Kalam, Bab I’rab, dan Bab Ma’rifatul ‘alamatil I’rab. Kemudian, kesesuaian materi dalam kitab jurumiyah bagi pemula dapat disimpulkan cocok, sehingga materi dalam kitab jurumiyah bisa digunakan sebagai bahan ajar bagi pemula.
Copyrights © 2023