Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas
Vol. 16 No. 2 (2023): Agustus 2023

AUDIT SISTEM INFORMASI KAMPUS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA DOMAIN DSS (STUDI KASUS: UNIVERSITAS DR. SOETOMO): CAMPUS INFORMATION SYSTEM AUDIT USING COBIT 5 FRAMEWORK IN DOMAIN DSS (CASE STUDY : DR. SOETOMO UNIVERSITY)

Yudi Kristyawan (Universitas Dr. Soetomo)
Akhmad Riswanda (Unknown)
Litafira Syahadiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Sistem informasi kampus Universitas Dr. Soetomo mengelola data akademik mahasiswa antara lain kartu rencana studi, transkrip, ijazah, kuliah kerja nyata dan penilaian dosen. Saat ini, sistem informasi kampus dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Informasi dan Teknologi (IT) Universitas Dr. Soetomo dan digunakan oleh mahasiswa untuk keperluan akademik selama mereka mengikuti kuliah. Karena keberadaannya sangat penting, maka perlu memastikan agar sistem informasi kampus tersebut harus dalam keadaan optimal. Untuk itu perlu dilakukan audit dengan cara mengukur tingkat kapabititas sistem informasi kampus Universitas Dr. Soetomo. Tujuan penelitian ini adalah mengaudit sistem informasi kampus Universitas Dr. Soetomo untuk mengetahui tingkat kapabilitas sistem dalam rangka mempercepat tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tahapan dimulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data. Analisis data digunakan kerangka kerja COBIT 5 pada domain deliver, service dan support (DSS) untuk mengetahui tingkat kapabilitas sistem. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kapabilitas sistem berada pada level 1 dari level 3 yang diharapkan oleh manajemen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pihak manajemen perlu melakukan beberapa perbaikan pada standar operasional dan dokumentasi penanganan sistem.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sibc

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas has been published by the Information Systems Study Program, Faculty of Computer Science, University of Pembangunan Nasional “Veteran” East Java. This journal contains manuscripts of research results in the field of Information Systems/Information ...