Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan strategi marketing dengan baik secara offline (konvensional) maupun secara online dalam pengembangan bisnis kepada pelaku UMKM thrif pasar koja. Mahasiswa dalam pengabdian ini adalah pelaku UMKM thrif pasar koja. Masalah utama yang dihadapi pelaku tersebut ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk yang dihasilkan baik secara konvensional (offline) maupun secara online. Rendahnya pengetahuan pemasaran berdampak pada rendahnya volume penjualan yang berpengaruh bagi pengembangan bisnis pakaian thrif. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui program sosialisasi pendampingan yang didukung oleh praktisi/akademisi dibidang marketing. Target program ini adalah adanya peningkatan pengetahuan mitra baik terkait strategi marketing dan kemampuan dalam penerapan digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan sosialisasi materi pengenalan strategi marketing baik secara konvensional maupun digital marketing. Hasil kegiatan memperlihatkan antusias peserta yang ikut hadir dengan jumlah 15 pelaku UMKM thrif pasar koja, sejak awal memerhatikan dan mengikuti semua rangkaian acara hingga selesai dan aktif memberikan beberapa pertanyaan.
Copyrights © 2023