Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi dan Sains Biologi)
Vol. 3 No. 1 (2021): Juni 2021

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 4 BUKITTINGGI

Iga Claudia Juwantika (Universitas Bung Hatta)
Wince Hendri (Universitas Bung Hatta)
Lisa Deswati (Universitas Bung Hatta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar biologi siswa yang dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA SMAN 4 Bukittinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMAN 4 Bukittinggi dengan sampel penelitian berjumlah 60 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling danmenghasilkan dua kelas sampel yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah soal tes akhir untuk hasil belajar ranah kognitif. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match mempengaruhi hasil belajar biologi siswa dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 74.67 lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol 68.67. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dengan ?=0.05 diperoleh thitung(2.34) lebih besar dari ttabel(1.68). Saran dari penelitian ini adalah diharapkan dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match diberikan intruksi model ini lebih diperjelas dengan rinci supaya siswa tidak bingung dalam melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

esabi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

This journal publishes articles on research results related to biology education and biology science. The scope contained in this journal includes: Biology 1. Botany 2. Zoology 3. Environmental 4. Physiology 5. Biotechnology 6. Applied Science using objects biology Biology Education 1. Teaching and ...