Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 2 (2023): Januari-Juni

Strategi Guru dalam Membagun Matakognisi pada Mata Pelajaran Siroh Nabawiyah

Syamsidah Lubis (STIT Hidayatullah Batam)
Leli Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membangun Metakognisi dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah siswa kelas IX excellent SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian adalah guru mata pelajaran Sirah Nabawwiyah, siswa kelas IX Excellent SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Strategi guru dalam membangun metakognisi siswa pada pembelajaran Sirah Nabawiyah di kelas IX Excellent masih belum maksimal secara keseluruhan, sebab masih terdapat 20% siswa masih tahap proses, dalam segi pemilihan strategi sudah tepat, intensif tapi ke kreatifan perlu dikembangkan. Selanjutnya metakognisi siswa pada pemahaman dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah di kelas IX Excellent dikatakan berhasil atau terlihat hanya saja belum secara keseluruhan dikarenakan terdapat 80% siswa mampu mengontrol proses berpikirnya dan 20% masih tahap proses Kata Kunci: Strategi Guru-Metakognisi- Sirah Nabawiyah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...