Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir ilmiah peserta didik laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal berbasis masalah. 2) menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir ilmiah. Pada penelitian ini dirancang mengggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tes soal, interview dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data, penulis menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajia data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini adalah 1) Kemampuan berpikir ilmiah peserta didik laki-laki unggul pada indikator inkuiri saja. 2) Kemampuan berpikir ilmiah peserta didik perempua unggul pada hampir semua indikator berpikir ilmiah terutama pada indikator inferensi dan argumentasi. 3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam berpikir ilmiah sangatlah beragam antara lain sarana dan prasarana, minat peserta didik, pengetahuan peserta didik dan lingkungan.
Copyrights © 2023