Journal Gender Equality Disability Social Inclusion and Children (GEDSIC)
Vol. 1 No. 1: (July) 2023

Penyelenggaran mal pelayanan publik responsif gender dan difable di kabupaten Banyumas provinsi Jawa Tengah

Abella Ananda Prasty (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Upaya Pemerintah untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik tidak pernah berhenti, hingga diundangkanya UU nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan publik sebagai tonggaknya segala upaya untuk mempercepat terwujudnya pelayanan publik yang prima di Indonesia.  Salah satu terobosan dan inovasi untuk mewujudkan pelayanan yang prima adalah diundangkannya Permenpan RB nomor 23 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP). Penyelenggaraan MPP di Provinsi Jawa Tengah diampu oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah yang dibentuk dengan dasar Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 18 Tahun 2017 Penyelenggaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Penyelenggaraan mal pelayanan publik ini bertujuan memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat yang ada di Jawa Tengah dengan cepat dan mudah serta mendapatkan sarana dan prasarana yang nyaman bagi penerima layanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama masih rendahnya kualitas sumber daya manusia yang ada di Mal pelayanan publik, belum tersedianya sarana dan prasarana yang nyaman bagi penerima layanan dan masih kurangnya sosialisasi oleh pemerintah tentang keberadaan mal pelayanan publik di Jawa Tengah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JGEDSIC

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences Other

Description

JGEDSIC memberikan akses peneliti di seluruh dunia untuk mengembangkan hasil-penelitian, kajian metodologi berbasis gender, diabilitas dan anak. Tema jurnal ini menekankan pada dinamika pencapaian kesetaraan gender, isu-isu gender, disabilitas, inklusi sosial dan anak terutama anak-anak berkebutuhan ...