Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya
Vol. 2 No. 03 Juni (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya

PENGEMBANGAN UMKM MELALUI OPTIMALISASI BRANDING PADA “BILA CATERING” DESA TEGALREJO, PROBOLINGGO

Diknastiya Putri Dieva (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Rizky Dermawan (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Dalam dunia bisnis khususnya Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), branding merupakan hal yang sangat penting apalagi di era teknologi yang serba digital seperti saat ini, dimana setiap individu perlu meningkatkan daya saing melalui keunikan dan keterampilan yang dimilikinya. Maka dalam hal ini diperlukan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dengan baik, khususnya bagi para pelaku UMKM di Desa Tegalrejo, kecamatan Dringu, Probolinggo untuk lebih mengembangkan usaha atau bisnisnya melalui branding agar dapat meningkatkan product knowledge konsumen. Brand (merk) adalah nama, tanda, istilah, yang tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan membedakan suatu produk atau layanan dari yang lain. Branding adalah proses merencanakan, merancang, dan mengkomunikasikan nama serta identitas dengan tujuan membangun atau mempertahankan reputasi (Anholt, 2003:5). Peran teknologi digital memberikan dampak yang signifikan bagi UMKM. Model teknologi baru memanfaatkan potensi UMKM yang lebih kuat dan berkelanjutan. Namun kenyataannya, branding dan pemanfaatan media digital pada UMKM „?Bila Catering?? di Desa Tegalrejo masih belum optimal dan terdapat beberapa kendala yang terjadi pada UMKM tersebut, seperti belum memiliki brand yang optimal dan pemasaran yang dilakukan masih secara konvensional atau apa adanya. Hal ini disebabkan karena masih belum adanya pengetahuan para pelaku usaha tentang peran branding dan media sosial dalam mengembangkan usaha. Berdasarkan keterbatasan tersebut, dapat dilakukan analisis peluang dan keterbatasan UMKM melalui lingkungan bisnis internal dan eksternal. serta optimalisasi branding dengan mengadakan sosialisasi dan pendampingan. Kegiatan pengabdian masyarakat terkait branding dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sosialisasi pada pelaku UMKM mitra yakni „? Bila Catering?? juga kegiatan pendampingan branding logo, foto produk serta media sosial. Tujuan branding tersebut adalah agar UMKM memahami pentingnya kesadaran merek dan memberikan solusi atas kendala dan kurangnya pemahaman terkait branding. Dalam hal ini, pelaku UMKM mendapatkan manfaat dan kemudahan dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan untuk mengembangkan usahanya di kemudian hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdimasberkarya

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Transportation Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya, with registered number ISSN 2828 - 4011(Online) is a scientific multidisciplinary journal published by Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues ...