Jurnal Multidisipliner Kapalamada
Vol. 1 No. 01 Maret (2022): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 1 TOMIA

Jama Toyo (Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Wakatobi)
Reza (Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Wakatobi)
Fitriani (Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Wakatobi)
Lifanda (Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Wakatobi)
LM Wirya Mardan (Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Wakatobi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Pemanfaatn Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomia. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Pemanfaatn Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomia. Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menganalisa pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja guru serta pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomia, baik secara simultan maupun secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pegawai Negeri Sipil pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomia dengan populasi sebanyak 51 orang. Tipe investigasinya adalah kausalitas dengan time horizon ini adalah cross-sectional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh bahwa pemanfaatan teknologi informasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomia memiliki tingkat pemanfaatan yang baik. Pemanfaatan teknologi informasi secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru. Kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomia berada pada tingkat kinerja yang tinggi, namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi yaitu tanggung jawab terhadap jumlah kerja yang dilakukan dalam suatu periode yang telah ditentukan berdasarkan PP No. 74 Pasal 52 ayat (2), efisiensi waktu untuk mengerjakan suatu pekerjaan, gagasan atau ide yang dimunculkan, tingkat penyelesaian kerja, menyusun bahan ajar secara runtut; logis; kontekstual; dan mutakhir, merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif, memulih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran, memulai pembelajaran dengan efektif, merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan peserta didik, menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tomia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kapalamada

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER is a quarterly journal that is published in Maret, Juni, September, and Desember. KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities; Life Sciences; Health Science; ...