Jurnal Multidisipliner Kapalamada
Vol. 1 No. 04 (2022): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA

ANALYSIS OF MATHEMATICS CONCEPTS IN THE VIDEO “LEARN NUMBERS WITH DR. PANDA”

Sofyan, Fuaddilah Ali (Unknown)
Ayu, Sri (Unknown)
Fadhilah, Jihan (Unknown)
Pratiwi, Astrid Putri (Unknown)
Rista, Vesti Nurmala (Unknown)
Jauhara, Jauhara (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penggunaan teknologi dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat bagus.  Seperti Media pembelajaran berbasis video sangat membantu dalam pembelajaran. Karena dalam video pembelajaran yang ditampilkan dilengkapi dengan suara, gambar dan animasi yang dapat membantu peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganisis isi dari video animasi “Learn numbers with Dr.Panda”.  Motivasi peserta didik dalam penelitian ini ditinjau dari penggunaan video belajaran oleh pendidik dalam pembelajaran. Apakah dalam animasi tersebut terdapat pembelajaran mengenai matematika, apakah animasi tersebut dapat mengedukasi anak-anak. Penjumlahan dan pengurangan dalam matematika yaitu operasi bilangan merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang ada pada tinggkat sekolah dasar sejauh ini peserta didik hanya diperkenalkan dengan materi yang diajarkan guru melalui papan tulis lalu dicatat dan diberi tugas tanpa tau apa yang dipelajari. Sehingga hasil belajar siswa menurut karena tingkat pemahaman peserta didik yang rendah. Untuk mengatasinya maka diterapkanya multimedia interaktif karena multimedia interaktif adalah salah satu pemanfaatan teknologi yang menggunakan gambar,suara ,audio dan berbagai animsi menarik. Melalui multimedia interaktif siswa dapat mencari tahu sendiri matri yang akan dipelajari dan lebih mudah dipahami oleh peserta didik dan dapat lebih memahami konsep matri yang sulit dimengerti. Serta media pembelajaran berbasis video juga sangan praktis untuk mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian kali ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber dari data penelitian yaiti video animasi “Learn numbers with Dr. Panda”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video animasi Dr. Panda dapat menjadi tontonan yang mengedukasi untuk anak- anak dan di dalam animasi juga terdapat pembelajaran matematika mengenai penjumlahan, pengurangan dan mengajarkan kerja sama serta saling berbagi.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kapalamada

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER is a quarterly journal that is published in Maret, Juni, September, and Desember. KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities; Life Sciences; Health Science; ...