Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 2 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Ayu Fatma Wati (Universitas Ma'arif Lampung)
Agus Setiawan (Universitas Ma'arif Lampung)
M. Saidun Anwar (Universitas Ma'arif Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa MTs. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes gaya kognitif (GEFT) yaitu 2 siswa dengan Field Dependent, dan 2 siswa dengan Field Independent kelas VII di Mts Barokatul Qodiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes gaya kognitif (GEFT), tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil yang diperoleh menunjukkan siswa dengan gaya kognitif field dependent tidak mampu menerapkan prosedur yang sesuai dengan benar dan cenderung memiliki kesulitan dalam memahami masalah, mengalami kesulitan dalam menerjemahkan masalah, mengalami kesulitan dalam menentukan strategi. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menerapkan prosedur yang sesuai dengan benar dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami masalah, menerjemahkan masalah, dan menentukan strategi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dpjpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika is a primary source for academics and professionals in the fields of learning development throughout the world. This Journal receives and publishes articles about theoretical perspectives, methodological developments and high-quality empirical research that ...