Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 3 (2023): Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika (Issue in Press)

Implementasi Etnomatemtika Berbasis Alat Kesenian Rebana Dalam Pembelajaran Bangun Ruang

Husnatun Nisa (Universitas Ma'arif Lampung (UMALA), Indonesia)
Choirudin Choirudin (Universitas Ma'arif Lampung (UMALA), Indonesia)
M. Saidun Anwar (Universitas Ma'arif Lampung (UMALA), Indonesia)
Muhammad Rafli Faishal Wardana (Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Salah satu bidang yang mempelajari bagaimana orang-orang dari keberagaman budaya memahami dan menggunakan konsep-konsep matematika adalah ilmu etno-matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendemonstrasikan penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika pada seni rebana. Satu satu kegiatan ekstrakurikuler yang eksis dikalangan siswa. penelitian ini menggunakan metode adalah survei lapangan kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil akhir riset ini membuktikan bahwa pengamplikasian pendidikan..matematika realistik berdasar etno-matematika dapat memotivasi pelajar untuk belajar dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya lokal. Hal ini memungkinkan siswa untuk menjadi akrab dengan budaya lokal, melestarikan dan terhubung dengan matematika. Dengan pokok bahasan pembelajaran bangun ruang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dpjpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Delta-Phi Jurnal Pendidikan Matematika is a primary source for academics and professionals in the fields of learning development throughout the world. This Journal receives and publishes articles about theoretical perspectives, methodological developments and high-quality empirical research that ...