Gunung Djati Conference Series
Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023

KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE AUGMENTED REALITY (MAR)

Irena Widianty Fauziah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Meti Maspupah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Astri Yuliawati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah adalah salah satu aspek yang harus dikuasai siswa pada abad ke 21 ini, namun keterampilan pemecahan masalah siswa masih relatif rendah. Siswa kesulitan dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang dijumpai. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif yaitu Mobile Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Mobile Augmented Reality terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest sebesar 44,7 dan posttest sebesar 65,7 dengan nilai N-Gain sebesar 0,38 termasuk dalam kategori sedang. Data hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. 0,023 < 0,05 artinya H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan Mobile Augmented Reality terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pernapasan manusia.

Copyrights © 2023