Gunung Djati Conference Series
Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Guided Inquiry

Tasa Nurani (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Meti Maspupah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Astri Yuliawati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan wawancara diketahui bahwa soal-soal yang digunakan untuk mengevaluasi siswa belum memiliki aspek keterampilan berpikir kritis sehingga penilaian keterampilan berpikir kritis belum diperhitungkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran guided inquiry pada materi sistem saraf. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian melibatkan 30 siswa kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan model guided inquiry diperoleh hasil keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata pretest 35,8 dan posttest sebesar 71,6. Nilai N-Gain keseluruhan indikator keterampilan berpikir kritis sebesar 0,5609 dalam kategori efek sedang dengan kategori tafsiran efektivitas sebesar 56,09% dalam kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Guided Inquiry efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf.

Copyrights © 2023