Gunung Djati Conference Series
Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023

KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA NEARPOD MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Indah Puspitaningsih (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Meti Maspupah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Maratus Solikha (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Keterampilan argumentasi memegang peranan penting pada suatu informasi mengenai isu-isu sains berdasarkan data dan bukti. Dari hasil observasi keterampilan argumentasi peserta didik masih rendah dikarenakan belum menghadapi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantu media Nearpod terhadap keterampilan argumentasi pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian diambil melalui teknik purposive sampling dengan jumlah 39 peserta didik pada kelas eksperimen dan 39 peserta didik pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pretest-posttest diketahui nilai rata-rata pretest 46,26 dan posttest 66,64 dengan nilai N-Gain sebesar 0,38 tergolong kategori sedang. Pada kelas kontrol menghasilkan nilai rata-rata pretest 41,95 dan posttest 61,33 dengan nilai N-Gain sebesar 0,32 tergolong kategori sedang. Hasil analisis uji t pada aplikasi SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi 0,022<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model problem based learning berbantu media nearpod berpengaruh positif terhadap keterampilan argumentasi peserta didik.

Copyrights © 2023