Gunung Djati Conference Series
Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023

KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY BERBANTU SCIENCE TREK

Susi Susilawati Sinta Dewi (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Tuti Kurniati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Astri Yuliawati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Kurangnya kemampuan argumentasi siswa disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Maka perlu adanya pengembangan model dalam pembelajaran untuk melatihkan kemampuan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu science trek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental dengan teknik purposive sampling yaitu siswa SMA kelas X MIPA 1 yang berjumlah 33 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil pretest dan posttest soal uraian sebanyak 10 butir. Hasil pretest menunjukan rata-rata 35 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 0 siswa. Pada hasil posttest menunjukan rata-rata 71,3 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa. Adanya peningkatan kemampuan argumentasi siswa yang diukur melalui tes dapat dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam menyampaikan argumentasi yang dituangkan secara tulisan. Kemampuan argumentasi siswa mengalami peningkatan pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantu science trek setelah melalui pengukuran tes soal uraian.

Copyrights © 2023