Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer

Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sobat IndiHome Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS)

Adrian Felix (Universitas Bina Darma)
Mohamad Farozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Aplikasi Sobat IndiHome merupakan layanan produk IndiHome dengan sistem baru yang dimiliki oleh telkomsel. Aplikasi Sobat Indihome menerima respon keluhan dari pengguna terhadap ketidakpuasan pada proses pemasangan yang masih sangat lama, termasuk untuk menangani pengecekan jaringan IndiHome. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat usability kepuasan pengguna terhadap kualitas Aplikasi Sobat IndiHome dengan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengukuran dari metode SUS pada penelitian ini berfokus pada acceptability, grade scale, dan adjective rating. Dalam menentukan hasil skor SUS maka hasil dari kuesioner yang telah diisi oleh 30 responden direkapitulasi. Dalam perhitungan SUS digunakan lima skala Likert. Responden diminta untuk memberikan 10 pernyataan SUS yang sesuai dengan pengukuran subjektifnya. Kuesioner SUS ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna pada suatu produk. Setiap item pernyataan memiliki skor kontribusi yang berkisar dari antara 0 hingga 4. Hasil akhir pengukuran tingkat usability kepuasan pengguna berada pada skor range 51-71 dengan hasil grade scale 68 dan pada tingkat penerimaan pengguna termasuk dalam kategori kelas D dengan arti Marginal sehingga pada aplikasi Sobat IndiHome ini masih dapat diterima. Versi Adjective Rating dengan Skor SUS sebesar 68 termasuk kedalam kategori Ok, bahwa aplikasi Sobat IndiHome ini dapat diterima oleh penggunanya namun masih perlu dilakukan perbaikan. Peneliti menyarankan pengembang Aplikasi Sobat IndiHome dapat melakukan kajian ulang mengenai aspek-aspek yang membuat rendahnya tingkat kepuasan pada Aplikasi Sobat IndiHome baik dari segi fitur dan segi Informasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung ...