Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer

Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS)

Deddy Rezano Akhiruddin (Universitas Bina Darma Palembang)
Edi Surya Negara (Universitas Bina Darma Palembang)
Tata Sutabri (Universitas Bina Darma Palembang)
Muhammad Izman Herdiansyah (Universitas Bina Darma Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) memiliki peran penting dalam mendukung efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas pemerintah daerah. SIPD telah digunakan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ogan Komering Ilir sejak tahun 2021. Namun, evaluasi terkait kepuasan penggunaan SIPD belum pernah dilakukan. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna SIPD pada masing-masing Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna SIPD bagian perencanaan dan anggaran serta operator komputer. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode EUCS, termasuk perhitungan skor kepuasan pengguna dan pengelompokan responden ke dalam kategori kepuasan yang berbeda. Hasil analisis dari penelitian mampu memberikan masukan dan wawasan yang bermanfaat tentang kepuasan pengguna SIPD di masing-masing OPD pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir. Identifikasi faktor-faktor yang paling berkontribusi terhadap kepuasan pengguna telah membantu pihak terkait dalam mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Analisis yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat menjadi masukan untuk pengembang aplikasi untuk lebih mengoptimalkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses perencanaan dan penganggaran, serta pengawasan terhadap pelaksanaan perencanaan pemerintah lebih mudah dilakukan melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) bagi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung ...