Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer

Perancangan dan Analisis Redaman pada Jaringan Fiber To The Home dengan Menggunakan OTDR (Optical Time Domain Reflectometer)

Sondang Sibuea (Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Fius Bryan Nigel M. Sinaga (Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Dedi Setiadi (Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Yohanes Bowo Widodo (Universitas Mohammad Husni Thamrin)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2023

Abstract

Kebutuhan komunikasi berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar dalam bidang telekomunikasi saat ini sangat dibutuhkan. Telekomunikasi saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama pada layanan berbasis internet. Fiber optic merupakan teknologi yang menyediakan kapasitas bandwith besar dengan kecepatan tinggi yang tidak dipengaruhi interferensi gelombang elektromagnetik. Dengan perkembangan yang begitu pesat, penggunaan serat optik sebagai medium penghantar, kemungkinan terjadi penurunan kualitas jaringan akibat dari pemanjangan kabel fiber optic atau penyambungan pada kabel fiber optic. Penurunan kualitas atau kerugian tersebut dinamakan link loss dalam penerapan metode Link power budget. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dirancang dan dianalisa redaman pada jaringan FTTH (Fiber to the home) dengan menggunakan OTDR (Optical Time Domain Reflectometer) dan metode Link power budget. Parameter untuk menguji kelayakan sistem jaringan FTTH yang telah standar dari ITU-T 984 (International Telecommunication Union of Telecommunication 984), dengan hasil perhitungan menggunakan 3 buah sampel ODP (Optical Distribution Point) yang terdekat dari ODC (Optical Distribution Cabinet) yang menunjukan bahwa redaman total berkategori andal, hal ini sesuai dengan nilai redaman ITU-T 984 dengan nilai redaman maksmial 27 dBm (decibel-miliwatt). Dalam perancangan dan analisis jaringan FTTH dengan menggunakan OTDR, dilanjutkan dengan menganalisa redaman dengan parameter Link Power Budget dan Rise Time Budget, memenuhi standar kualitas dan memberikan kinerja yang stabil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung ...