Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer

Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Bangking Livin Bank Mandiri pada Mahasiswa ITB Swadharma Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS)

Savitri Umar (Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi, Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma)
Ahmad Fitriansyah (Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma Jakarta)
Harun Ar-Rasyid (Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Mobile banking merupakan salah satu layanan bank yang banyak diminati oleh para nasabah karena membuat nasabah mampu melakukan transaksi perbankan serta melihat informasi tentang rekeningnya dengan menggunakan telepon genggam. Salah satu penyedia layanan mobile banking adalah Bank Mandiri melalui aplikasi Livin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna mahasiswa terhadap aplikasi Livin Mandiri yang diukur menggunakan metode End User Computing Satisfication (EUCS). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner Google Forms. Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling yang termasuk dalam kategori non-probability sampling. Sebanyak 100 mahasiswa telah menggunakan aplikasi Livin memenuhi kriteria inklusi sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna mahasiswa ITB Swadharma terhadap aplikasi Livin berada di nilai rata-rata 4.20 yang berada di tingkat 4 (Puas) artinya menurut persepsi responden secara umum menganggap aplikasi Livin sudah baik bagi pengguna. Untuk variabel content memiliki nilai rata-rata 4.24 yang berada di tingkat 4 (Puas), variabel accuracy memiliki nilai rata-rata 4.22 yang berada di tingkat 4 (Puas), variabel format memiliki nilai rata-rata 4.22 yang berada di tingkat 4 (Puas), variabel ease of use memiliki nilai rata-rata 4.24 yang berada di tingkat 4 (Puas) dan terakhir variabel timeliness memiliki nilai rata-rata 4.12 yang berada di tingkat 4 (Puas). Faktor dominan dalam menciptakan kepuasan pengguna mahasiswa ITB Swadharma berdasarkan metode EUCS adalah pada variabel yang memiliki nilai rata-rata (mean) yang paling tinggi, yaitu variabel Content dan ease of use, sedangkan variabel yang memiliki nilai rata-rata paling rendah yaitu pada variabel timeliness.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung ...