Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan

PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN MEMPERTAHANKAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI WIRAUSAHA PEMULA (STUDI KASUS PADA KEDAI SOSIS PEGUYANGAN)

Indradew (Unknown)
Situmorang, Dokman Marulitua (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada keberlangsungan sistem penjualan suatu usaha. Sistem penjualan yang padaawalnya dilakukan dengan penjualan langsung antara penjual dan pembeli mulai bergeser keranah online.Wirausaha pemula menggunakan layanan pesan-antar makanan online sebagai strategi awal untuk tetapberoperasi selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaanlayanan pesan antar makanan online di Kota Denpasar khususnya di Kedai Sosis Peguyangan. Penelitian inidiharapkan dapat memberikan gambaran kepada para pelaku bisnis pemula dengan perkembangan teknologi,dalam hal ini layanan pesan antar makanan secara online sebagai upaya untuk memahami perubahan perilakukonsumen dalam memenuhi kebutuhan akan makanan. Pemilik Kedai Sosis Peguyangan menjadi subjek dalampenelitian ini. Layanan pesan antar makanan online Grab-Food dan Go-Food menjadi pilihan pemilik Kedai SosisPeguyangan sebagai partner dalam pengoperasian usahanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam.Penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan layanan pesan antar makanan secara online dalam menjalankanusaha terutama di masa pandemi Covid-19 dan berdampak positif pada peningkatan keuntungan penjualan dandiversifikasi produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUWIRA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan (JUWIRA) merupakan jurnal yang dikelolah oleh Program studi Kewirausahaan Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan, Jurnal ini menghasilkan artikel dari luaran penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa, Dosen dan Peneliti. Jurnal Kewirausahaan ...