Pandemi Covid-19 berdampak pada keberlangsungan sistem penjualan suatu usaha. Sistem penjualan yang padaawalnya dilakukan dengan penjualan langsung antara penjual dan pembeli mulai bergeser keranah online.Wirausaha pemula menggunakan layanan pesan-antar makanan online sebagai strategi awal untuk tetapberoperasi selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaanlayanan pesan antar makanan online di Kota Denpasar khususnya di Kedai Sosis Peguyangan. Penelitian inidiharapkan dapat memberikan gambaran kepada para pelaku bisnis pemula dengan perkembangan teknologi,dalam hal ini layanan pesan antar makanan secara online sebagai upaya untuk memahami perubahan perilakukonsumen dalam memenuhi kebutuhan akan makanan. Pemilik Kedai Sosis Peguyangan menjadi subjek dalampenelitian ini. Layanan pesan antar makanan online Grab-Food dan Go-Food menjadi pilihan pemilik Kedai SosisPeguyangan sebagai partner dalam pengoperasian usahanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam.Penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan layanan pesan antar makanan secara online dalam menjalankanusaha terutama di masa pandemi Covid-19 dan berdampak positif pada peningkatan keuntungan penjualan dandiversifikasi produk.
Copyrights © 2023